Solusi Saat Nomor Pulsa Token PLN yang Tidak Sama dengan Nama ID Pelanggan


Mungkin hal ini akan membuat kita merasa jengkel. Apalagi di saat kita sedang buru-buru untuk memakainya.

Entah kenapa, pada saat transaksi berhasil, nomor token yang keluar adalah nomor atas nama orang lain. Padahal pada saat pengisian ID pelanggan sudah kita isikan dengan benar.

Nah, kejadian ini saya alami sekitar 1 minggu yang lalu saat membeli token PLN di ATM terdekat.

Ketika saya masukan 20 nomor yang ada di struk ke meteran listrik, ternyata dianggap salah. Kemudian saya coba lagi, tetap saja dianggap salah.

Saat saya periksa struknya, ternyata ada perbedaan satu huruf diakhir antara nama saya dengan nama yang tertera di dalam struk tersebut.

Aneh bin ajaib bukan?. Id pelanggan saya masukkan saat transaksi sudah benar, namun yang tertera adalah nama yang mirip dengan nama saya. 

Dan setelah beberepa jam kemudian barulah saya menemukan solusinya.

Baik, kita masuk ke solusi permasalahan. Sebenarnya kendala yang terjadi pada kasus diatas disebabkan adanya putus jaringan disaat transaksi sedang berjalan.

Hal ini mengakibatkan sistem tidak bisa membaca data dengan normal seperti biasanya.

Kendala putus jaringan, atau sistem mengalami gangguan bisa juga menyebabkan beberepa hal, diantara:

  • Transaksi gagal.
  • Transaksi gagal, namun pulsa terpotong
  • transaksi berhasil tidak ada struk atau,
  • Transaksi berhasil, namun struk yang muncul atas nama orang lain.

Untuk mengatasi kendala tersebut satu - satunya cara adalah menghubungi pihak kustomer service PLN dengan nomor keluhan 123. PLN siap siaga melayani keluhan transaksi maupun kendala lainnya dalam 24 Jam.

Ketika sudah terhubung, tidak perlu ceritakan keluhannya. Pasti akan memakan banyak pulsa. Cukup sebutkan saja no id pelanggan atas transaksi pada tanggal sekian, jam sekian.

Pihak CS PLN akan segera memberikan No 20 digit angka yang nanti kita gunakan untuk meteran listrik.

Kalo kita ceritakan keadaan sesuai dengan kondisi lapangan, seperti yang saya alami malah CS tidak mengerti. mereka menjawab ala kadarnya saja. Namun disaat saya langsung katakan No Id, tanggal, jam, dan jumlah transaksi. Baru kemudian mereka langsung memberikan no 20 digit tersebut.

Nah, itulah sekelumit pengalaman penulis terkait kendala adanya perbedaan nama yang muncul saat transaksi pembelian pulsa token PLN. Semoga bermanfaat..


Post a Comment

13 Comments

  1. Saya juga mengalami hal semacam itu tadi pagi, ternyata id orang lain yg terisi bukan id kita, apakah harus menghubungi pln

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pa.. kadang gangguan jaringan, kalo kita merasa sudah sesuai id nya namun a/n orng lain di keterangan tokennya. Silahkan hub. 123. Tapi kalau diawal sudah salah memasukan no token. Trx berhasil kemungkinan tidak bisa.

      Delete
    2. No meternya beda idple nya sama tus ga bisa masukin tokenya udh telpon 123 tpi ga dikasih kode token yang baru gelap deh rumh malah disuruh nungnu petugas pln datang katanya kwhnya berubah

      Delete
    3. Ini yang saya alami sekarang pak . Tapi petugas tidak kunjung datang

      Delete
    4. Wah.. ada ada aja ya pa. Jaringan memang begitu. Semoga tidak terulang lagi y pa

      Delete
  2. Itu dia.. kita perlu liat kategorinya dulu.
    1. No meter benar, tidk ad balasan no token. tanyakan ke cs sebutkan no meternya
    2. No meter benar, ad balasan no token namun dianggap salah. Tanyakan ke cs sebutkan no meternya.
    3. No meter salah. Trx berhasil. Maka trx dianggap selesai.

    ReplyDelete
  3. Aduh saya juga mengalami seperti ini. Yg muncul malah ID orang lain, padahal sy sudah benar memasukkan no token rumah sy dengan benar. Tapi kenapa transaksi bisa berhasil? Padahal sy kan ngga tau brp no token rumah orang yg saya tidak kenal ini. Kenapa bisa nyambung pembelian ke no token org tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang terjadi kendala pada jaringan. Biasanya pada saat tertentu trx mengalami quewing🙏

      Delete
  4. Sy ssalh beli nomer token listik gmn caranya malah ke orang ke no ID 14022827365

    ReplyDelete
  5. pak kalau token yang kita beli gak kepakai, terus kita masukin ke token tetangga apakah bisa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggk bisa pa. Token hanya bisa digunakan sesuai dengan idpl/no pelanggannya

      Delete
  6. Kalau salah beli isi token dgn ID PLN yg lama sedangkan meteran sdh diganti dgn yg baru kira2 ada solusi gk ya?

    ReplyDelete
  7. Saya menghub 123 dan setelah itu diminta memasukan 12 digit ID pelanggan diakhiri tanda bintang kemudian kalau benar tekan angka 1, semua telah dilakukan dan dijalani berkali kali namun jawaban dari suara robotik memberi info kalau nomor ID tsb yg saya masukan tdk ada dalam database PLN kan aneh, bagaimana saya mau menyampaikan keluhan tsb kalau langkah utk berbicara dg CS PLN terkendala hal tersebut Pak... Mohon penjelasannya

    ReplyDelete