Cara Lepas Dan Pasang Keyboard Laptop


Halo sahabat madrasah. Satu minggu yang lalu saya ditelpon oleh teman saya untuk memperbaiki laptopnya yang rusak.

Karena belum begitu pengalaman dalam memperbaiki laptop. Saat itu hampir saya menolaknya.

Maklum laptop memiliki komponen yang lebih kecil, benakku dalam hati. Sehingga agak ada keraguan meskipun sebenarnya alur skemanya sama dengan komputer biasa.

Tapi, saat ditanya kerusakannya. Teman saya mengatakan bahwa beberapa tombol dari keyboard tersebut tidak berfungsi. Bahkan kadang kursor tidak mau jalan sama sekali.

Disitulah saya mulai memberanikan diri untuk memperbaiki laptop tersebut. Toh kerusakannya tidak begitu parah. Kalau Seandainya saja mati total, tentulah saya belum sanggup untuk menanganinya. Hehe..

Sebab, selama ini saya hanya menangani bongkar pasang komputer biasa.

Nah sahabat, dari kendala tersebut saya coba untuk bongkar hanya bagian keyboardnya saja. Saya hanya bersihkan bagian-bagian keyboard yang kotor. Sedikit saya bersihkan bagian hardisk dan memori yang banyak debunya.

Untuk keyboard yang rusak memang tergantung dari kerusakannya. Adakalanya harus diganti dengan keyboard lain. Malah kendala keyboard rusak bisa disebabkan oleh komponen lain yang tidak berfungsi dengan baik.

Mungkin cara yang saya lakukan hanya kebetulan kerusakannya memang ringan, jadi setelah dipasangkan kembali laptop malah kembali normal.

Ini bisa juga dikatakan satu langkah pertolongan pertama yang bisa kita lakukan sebelum dibawa ke tukang service profesional.

lalu bagaimana cara melepas dan memamang keyboard laptop tersebut?.

Berikut saya buat artikel tutorialnya semoga bisa membantu dalam memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi tersebut.


Baik, yang saya bongkar adalah laptop merk lenovo tipe B490.

Untuk lenovo sendiri dibagian baut ada simbol yang bisa kita pahami bahwa baut-baut itulah yang dibuka untuk melepas keyboardnya.

Silahkan terlebih dahulu sahabat balik laptopnya. Buka bagian batu batre laptop terlebih dahulu.

Ada beberapa baut yang menempel pada papan keyboard laptop.

Perhatikan gambar berikut. Di sebelah samping baut terdapat simbol keyboard. Artinya baut ini terpasang pada papan keyboard. Baut inilah yang sahabat lepas.

Baut yang memiliki simbol keyboard hanya ada 3 baut saja. Silahkan sahabat buka dengan obeng yang sesuai dengan bautnya.

Kemudian balikan kembali laptopnya seperti semula, kemudian congkel dengan plet kecil pada bagian atas.

Perhatikan, hati-hati pada saat mencongkel. Jangan langsung diambil. Karena masih ada soket kabel yang terpasang pada pada motherboard.

Setelah terlepas. Baru kemudian lepas soket yang terpasang tersebut.

Bersihkan dengan koas kecil agar debu yang menempel hilang. Sebab debu yang menempel bisa menyebabkan keyboard maupun komponen lainnya tidak berfungsi.

Jangan lupa untuk membersihkan komponen lain yang dapat terjangkau oleh koas tadi, agar debu benar-benar menghilang.

Lalu pasang kembali keyboard tersebut. Silahkan sahabat coba untuk hidupkan laptopnya.

Cek di beberapa titik tombol keyboard tadi yang bermasalah. Apabila berhasil, maka laptop tidak perlu dibawa ke dokter untuk diperiksa.

Namun, apabila tetap tidak berfungsi, silahkan sahabat ganti dengan keyboard lain yang kompatibel.

Langkah terakhir apabila memang setelah diganti dengan keyboard lain tetap tidak berfungsi. Maka silahkan sahabat bawa laptop tersebut ke toko service terdekat.

Karena kemungkinan terbesar adalah kendala di beberapa titik komponen yang memang harus di cek melalui multimeter oleh teknisi yang ahli dibidangnya.

Nah, itulah sekelumit pengalaman saya saat melepas dan memasang kembali keyboard laptop merk lenovo B490. Semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel kami lainnya mengenai kerusakan pada komputer, tutorial, pelajaran TIK, RPP dan masih banyak lagi hanya di arsipmadrasah.com

Post a Comment

1 Comments

  1. di cek link nya semoga terbantu https://qr.ae/pGjX4x

    ReplyDelete