Pengertian Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Persiapan PPG


Pada tahun kali ini pemerintah telah membuka berbagai kegiatan guna memajukan kesejahteraan guru.

Salahsatunya dengan membuka program PPG. Untuk mengikuti PPG maka alangkah baiknya mempersiapkan pengetahuannya terlebih dahulu tentang dunia pendidikan.

Salah satu soal yang kemungkinan keluar pada tes akademik yaitu dengan bagaimana membedakan antara kognitif, afektif dan psikomotorik.

Nah cara membedakan ketiganya, maka kita perlu mengetahui pengertiannya. Berikut pengertian kognitif, afektif, dan psikomotorik.


#Kognitif

Kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. 

Kognitif memiliki 6 jenjang atau aspek, yaitu:

1. Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)

2. Pemahaman (comprehension)

3. Penerapan (application)

4. Analisis (analysis)

5. Sintesis (syntesis)

6. Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)

Tujuan aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.

Jadi singkatnya aspek kognitif berkaitan dengan aspek pengetahuan siswa.

#Afektif

Afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.

Aspek afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.

Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi.

Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku.

Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu:

1. Receiving atau attending ( menerima atua memperhatikan)

2. Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”

3. Valuing (menilai atau menghargai)

4. Organization (mengatur atau mengorganisasikan)

5. Characterization by evalue or calue complex (karakterisasi dengan  suatu nilai atau komplek nilai)


Kalau yang ini berarti berkaitan dengan sikap siswa setelah ia menyerap pengetahuan.

#Psikomotorik

Psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.

Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku).

Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.

Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui:

(1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung,

(2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap,

(3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.

Psikomotorik berkaitan dengan kemampuan atau skill siswa.

Itulah pengertian singkat dan cakupan tentang kognitif, afektif dan psikomotorik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments