Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai RAB dalam pola padat karya untuk pembangunan desa.
Artikel kali ini penulis ingin share terkait Contoh Laporan Penggunaan Dana (LPD) Padat Karya Tahap I 2017.
LPD adalah suatu laporan administrasi dari hasil pembangunan pada tahapan-tahapan pencairan dana dari rekening desa ke rekening TPK untuk pembangunan desa melalui pola padat karya yang telah direncanakan sebelumnya.
Untuk aturan umum pada setiap daerah dalam pencairan pembangunan desa ke rekening TPK melakukan pencairan dengan 3 tahapan. Biasanya Tahapan I 40%, tahap II 50%, dan tahap III 10%.
Setiap tahapan tersebut harus membuat laporan administrasi pertanggungjawaban penggunaan dana atau Laporan Penggunaan Dana (LPD) sebagai laporan pertanggungjawaban secara administratif juga sebagai syarat untuk melakukan pencairan tahap selanjutnya.
Laporan Penggunaan Dana (LPD) Padat Karya Tahap I berisi:
Pihak yang wajib untuk membuat laporan ini adalah Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) sebagai pengelola kegiatan padat karya desa.
Nah berikut kami sajikan file microsoft word yang bisa di download langsung terkait Laporan Penggunaan Dana (LPD).
Penulis berharap dengan adanya file ini bisa membantu TPK desa untuk meringankan beban kerja pembuatan LPD.
Meskipun demikian, setiap daerah memiliki aturan yang berbeda tergantung pada peraturan Pemerintah Daerah yang bersangkutan.
Untuk itu apabila ada kekurangan data baik isi maupun lampiran-lampirannya mohon untuk dimaklum, dan silahkan untuk ditambahkan di file tersebut setelah di download.
Penulis terbuka apabila ada saran perbaikan untuk file lain yang nanti penulis share di lain waktu. Tinggalkan komentar sebagai saran perbaikannya.
Untuk File Contoh Laporan Penggunaan Dana (LPD) Padat Karya Tahap I 2017, silahkan download disini.
Artikel lain terkait arsip desa seperti contoh SPPD, SPPB, SPMK, Surat aktif desa, Proposal kegiatan dan lainnya bisa di lihat diartikel lain hanya di situs abdi desa.
Salam abdi desa, salam desa mandiri.
Artikel kali ini penulis ingin share terkait Contoh Laporan Penggunaan Dana (LPD) Padat Karya Tahap I 2017.
LPD adalah suatu laporan administrasi dari hasil pembangunan pada tahapan-tahapan pencairan dana dari rekening desa ke rekening TPK untuk pembangunan desa melalui pola padat karya yang telah direncanakan sebelumnya.
Untuk aturan umum pada setiap daerah dalam pencairan pembangunan desa ke rekening TPK melakukan pencairan dengan 3 tahapan. Biasanya Tahapan I 40%, tahap II 50%, dan tahap III 10%.
Setiap tahapan tersebut harus membuat laporan administrasi pertanggungjawaban penggunaan dana atau Laporan Penggunaan Dana (LPD) sebagai laporan pertanggungjawaban secara administratif juga sebagai syarat untuk melakukan pencairan tahap selanjutnya.
Laporan Penggunaan Dana (LPD) Padat Karya Tahap I berisi:
- Gambaran umum
- Latar Belakang
- Tujuan
- Rencana dan Realisasi Kegiatan
- Pelaksanaan Kegiatan
- Masalah dan tindak Lanjut
- Rencana Tindak Lanjut
- Kesimpulan dan Saran
- Lampiran Transaksi dan Penggunaan Dana
- Berita Acara MD Pertanggungjawaban Dana (40%)
- Dan Dokumentasi
Pihak yang wajib untuk membuat laporan ini adalah Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) sebagai pengelola kegiatan padat karya desa.
Penulis berharap dengan adanya file ini bisa membantu TPK desa untuk meringankan beban kerja pembuatan LPD.
Meskipun demikian, setiap daerah memiliki aturan yang berbeda tergantung pada peraturan Pemerintah Daerah yang bersangkutan.
Untuk itu apabila ada kekurangan data baik isi maupun lampiran-lampirannya mohon untuk dimaklum, dan silahkan untuk ditambahkan di file tersebut setelah di download.
Penulis terbuka apabila ada saran perbaikan untuk file lain yang nanti penulis share di lain waktu. Tinggalkan komentar sebagai saran perbaikannya.
Untuk File Contoh Laporan Penggunaan Dana (LPD) Padat Karya Tahap I 2017, silahkan download disini.
Artikel lain terkait arsip desa seperti contoh SPPD, SPPB, SPMK, Surat aktif desa, Proposal kegiatan dan lainnya bisa di lihat diartikel lain hanya di situs abdi desa.
Salam abdi desa, salam desa mandiri.
0 Comments